Sunday 3 February 2013

Sejarah Valentine





Menurut beberapa sumber yang udah gua baca, kenapa diadakan Hari Kasih Sayang / Valentine's Day ? Mungkin pertanyaan itu bakal segera terjawab.

Valentine adalah seorang pendeta yang hidup di Roma pada abad ke 3. Roma saat itu dipimpin oleh Kaisar bernama Claudius. Pendeta Valentine sangat membenci Claudius. Saat itu Claudius berambisi utk mempunyai angkatan perang yang besar dan Claudius meinginkan seluru pria ikut ambil bagian dalam panglima perang ini, ttp sebagian besar menolak krn tidak ingin meninggalkan orangtuanya atau kekasihnya yang mereka cintai.

Mendengar itu Kaisar Claudius marah besar dan segera melarang adanya pernikahan. Tetapi Pendeta Valentine ttp melakukan Sakramen Pernikahan secara diam-diam.
Pada suatu saat, Pendeta Valentine tertangkap sedang melakukan Sakramen Pernikahan dengan 2 orang yang saling mencintai di kapel kecil yang hanya diterangi lilin kecil. 2 mempelai tersebut berhasil kabur ttp Pendeta Valentine tertangkap dan dimasukkan ke penjara dan dihukum mati dengan cara dipenggal.

Pendeta Valentine meninggal menjadi Santo pada tanggal 14 Februari. Sejak saat itu, pada tanggal 14 Februari selalu diperingati dengan Hari Kasih Sayang / Valentine's Day untuk mengenang jasa St. Valentine, sementara Kaisar Claudius dikenang sebagai seorang yang ingin melenyapkan kasih sayang.

- Sekian -

0 comments:

Post a Comment